Rabu, 09 Juli 2014

PENDEKATAN PAUD



   
1.         High/Scope
Pendekatan ini berdasarkan pada filosofi yang dikemukakan oleh Jean Piaget. Kurikulum yang dikembangkan High/Scope adalah kurikulum yang melibatkan anak sebagai pebelajar dan perencana aktif. Guru hanya berperan sebagai fasilitator dan pembimbing.
2.         Bank Street
Pendekatan ini merupakan inisiatif dari Lucy Mitchel yang dikembangkan oleh Barbara Biber. Ciri pendekatannya adalah memilih bermain yang disesuaikan dengan usia anak namun tujuan kegiatan yang dilaksanakan sama untuk semua anak. Tujuannya adalah mengembangkan fisik, menemukan, konsep diri, komunikasi dan kompetensi
3.         Montessori
Pendekatan ini berdasarkan filosofi Maria Montessori yang menekankan pada kemandirian, disiplin diri, dan hubungan pribadi anak.
4.         Reggia Emilia
Pendekatannya berdasarkan prinsip ”thinks about children and for childrn only learned from children” (berpikir tentang dan untuk anak hanya dipelajari dari untuk anak). Dalam pembelajarannya pendekatan ini menekankan pada aspek estetika pada kurikulum dan lingkungan belajarnya dengan pendekatan proyek.
5.         Creative Play
Pendekatan ini berdasarkan pada teori perkembangan yang dikemukakan oleh Jean Piaget. Kegiatan pengembangannya berdasarkan pada kegiatan bermain untuk mengembangkan potensi individu anak. Kurikulumnya difokuskan untuk mendorong dan mendukung bermain anak untuk mengembangkan enam domain anak, yaitu: kesadaran diri (personal awareness), emosional (emotional well-being), kognitif, komunikasi, sosialisasi dan keterampilan perseptual motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar